Kamis, 23 Februari 2012

KELOMPOK 5

1. Salistya Muniroh         (09410185)
2. Rohmat Ainun Najib    (09410188)
3. Imam Tobroni             (09410198)
4. Ta’riful Aziz                (09410198)
5. Ahmad Taib               (09410200)
6. Eri Alvan A                (09410228)
7. Sadam Fajar Shodiq   (09410239)
8. Alifah Asih Rohmah    (09410240)
9. Zizah Nurhana            (09410242)
1. Komparasi Definisi seni budaya islam menurut Quraisy Shihab dan  Sayyed Husen Nashr
A.    Quraisy Shihab
Ekspresi keindahan dan Kebenaran tidak hanya dipandang melalui perspektif ajaran islam saja. Namun lebih kepada Fitrah yang melekat pada manusia.
Ø    Kelebihan
o    Definisi yang tawarkan lebih dinamis dan universal
o    Mampu mengantarkan manusia menuju pada kebenaran dan keindahan sesuai dengan cetusan fitrah.
o    Berlandaskan pada cetusan fitrah manusia.
Ø    Kekurangan
o    Seni budaya dipandang sebagai sebuah ekspresi yang cenderung hasil dari olah rasa saja.
B.    Sayyed Husen Nashr
    Ide pemikiran estetik tentang sesuatu objek seni harus sesuai dengan ajaran Islam Khususnya AL-Quran dan Hadits
Ø    Kelebihan
o    Seni budaya islam merupakan eksplorasi ide pemikiran bukan sekedar ekspresi semata.
o    Sumber berdasarkan Al-Quran dan Hadist dan dari sumber itu bisa dikembangkan.
o    Objek pandangnya meliputi benda, suasana atau karya yang menimbulkan rasa indah.
Ø    Kekurangan
o    Konsep yang ditawarkan terlalu spesifik yang merujuk pada Al-Quran dan hadist.
o    Seni budaya islam dikatakan “keahlian mengeksplorasikan ide pemikiran” yang mengandung konotasi makna, bahwa bahwa seni budaya islam hanya dapat dimengerti oleh orang tertentu yang mempunyai sebuah keahlian.

2.  Masyarakat Kauman
o    Kesenian
Memiliki unsur-unsur kesenian dari kraton seperti: macopatan, gamelan, dan sebagainya.
o    Religi
Islam (putihan dan abangan atau kejawen)
o    Bahasa
Menggunakan bahasa Jawa (kromo inggil dan ngoko) sesuai kepada objek yang diajak berbicara.
o    Sistem mata pencaharian
Mayoritas pedagang, karena dekat dengan area wisata
o    Sistem pengetahuan
Tergolong masyarakat yang pandai dikarenakan berada di lingkungan kota pelajar.
o    Peradaban hidup
Modern dan tradisional
o    Organisasi sosial
Erat dengan ormas keagamaan (Muhammadiyah); organisasi kemanusiaan seperti panti asuhan; organisasi pendidikan non-formal seperti TPA

1 komentar:

  1. kerja sempurna u/ kel. 5, penyampaian hasil diskusinya sistematis dan logis..u/ 7 unsur budaya, itu Kauman mana? banyak lho Kauman di Indonesia, sukses sll. (nur saidah)

    BalasHapus