Anggota:
1. Latifah Mutiq (09410246)
2. Ahmad Solihul Anam (09410256)
3. Ahmad Sadam Husein (09410260)
4. Okti Purwaningsih (09410262)
5. Desi Respite Rini (09410268)
6. Zain Irma (09410267)
7. Nuraida Fitriana (09410277)
8. Alfathu Sodikhin (09410290)
9. Ulfi Maslahah (09410291)
A. Tugas: membandingkan 2 definisi seni budaya islam menurut Quraisy Hihab dan Sayyed Hosein Nasr.
Quraisy Hihab :
• Makna seni lebih luas cakupannya atau lebih universal
• Budaya timbul dari ekspresi atau pengalaman dari melihat alam, hidup dan manusia
• Keindahan akan mencapai titik kesempurnaan Karena merupakan pertemuan dari kebenaran dan
keindahan
• Keindahan yang dimaksud berasal dari fitrah/ ciptaan Allah SWT
• Keindahan dapat dirasakan dari melihat alam, hidup dan manusia
Sayyed Hosein Nasr
• Rasa indah berdasarkan al-Qur’an dan hadist
• Kebudayaan timbul dari ide dan pemikiran manusia
• Keindahan tidak akan mencapai titik kesempurnaan, karena berasal dari pemikiran manusia
• Ekpresi ide dan pemikiran manusia berwujud benda dan suasana
• Keindahan dapat dirasakan dengan hasil karya manusia
B. Tugas menganalisa budaya di suatu daerah
Daerah : dusun Nogosari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta
1. Kesenian : terdapat kesenian jathilan, wayang, ledek dan hadroh
2. Religi : mayoritas islam, terdapat berjanjen setiap minggu, kenduri, selametan orang meninggal dengan yasinan (3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1 tahun, 2 tahun dan 1000 hari)
3. Mata pencaharian: mayoritas petani dan tukang bangunan
4. Peralatan hidup : masih menggunakan peralatan dari alam, misalnya memasak dengan kayu bakar
5. Organisasi social: terdapat dukuh sebagai pemimpin pemerintahan dan rois sebagai pemimpin keagamaan
6. System pengetahuan: perti dusun, pacaran larut malam akan di nikahkan masyarakat, melestarikan sendang sebagai sumber mata air utama masyarakat
7. Bahasa : bahasa jawa krama inggil dan ngoko
terima kasih. ayo di komentari ya.....
Selasa, 28 Februari 2012
Senin, 27 Februari 2012
TUGAS KELOMPOK 1
TUGAS KELOMPOK 1
Anggota :
1. Khunafa U 09410102 (Tidak Hadir)
2. Siti Mujayanah 09410013
3. Vita Nur Hidayati 09410017
4. Ulfa Zuhrotunnisa 09410033
5. Tedi Choirul Basyir 09410062
6. Marliya Solihah 09410065
7. Permana 09410076
8. Muh. Zahrul Fikri 09410077
1. Perbandingan antara Quraisy Shihab dan Sayyed Husein Nasr dalam mendefinisikan seni buadaya islam.
Jawab:
a. Quraisy Shihab
Sisi positif (+) :
- Semua orang bebas dalam berekspresi
- Tidak ada batasan untuk seseorang dalam berekspresi
Sisi negatif (-) :
- Orang dalam berekspresi kurang bisa terkontrol/ terkendali
- Kebduayaan yang dilakukan dalam prosesnya tidak dapat terorganisir
b. Sayyed Husein Nasr
Sisi positif (+) :
- Keahlian budaya yang diciptakan merujuk kepada AL-Qur’an dan Hadist
- Bisa terkontrol dan terorganisir karena hanya ekspresi dari orang-orang yang punya keahlian saja yang bisa disebut sebagai seni budaya
Sisi negatif (-) :
- Terbatas pada orang-orang tertentu saja, karena seseorang dalam menciptakan sebuah budaya memerlukan keahlian untuk mengekspresikan ide dan pemikiran estetikanya. Sedangkan tidak semua orang mempunyai keahlian dalam bidang ini.
2. Sebutkan satu masyarakat dengan 7 unsur kedubayaan yang dimiliki.
Jawab :
Budaya Masyarakat di Sunda Jawa Barat
a. Unsur Kesenian : Karawitan, Wayang Golek
b. Sistem religi : Islam Tradisional, Sunah Wiwitan
c. Sistem Mata Pencaharian : Nelayan, Petani
d. Organisasi Sosial : Paguyuban, Opsih
e. Sistem Pengetahuan : Siloka (pengetahuan secara turun-temurun)
f. Bahasa : Sunda
Jumat, 24 Februari 2012
TUGAS KELOMPOK 2
KELOMPOK 2
Anggota:
1. Didin Ali Takyudin (09410094)
2. Akhmad Syukur P (09410147)
3.Dina Faizah (09410129)
4.Septi Nur Fadilah (09410108)
5.Roheni (09410139)
6.Yuni Endarwati (09410133)
7.Ana Subekti (09410114)
8.Rochman Sulistyo (09410119)
1. Perbandingan darai kedua definisi antara Quraish Shihab dengan Sayyed Hossein Nasr:
Kelebihan dan Kekurangan
Quraish Shihab Sayyed Hossein Nasr
1.Lebih spesifik karena lebih mengarah kepada Fitrah
2.Lebih kepada ekspresi yang spontan
3.Lebih kepada Islam dalam memandang suatu keindahan sesuai fitrahnya. 1.Lebih Umum karena dikaitkan kepada Al-Qur’an dan Al-Hadist
2.Lebih kepada keahlian seseorang yang dapat memperindahnya
3.Lebih kepada manusianya dalam menciptakan suatu karya yang indah
2.Masyarakat dengan 7 unsur budaya??
1.Lampung
a. Kesenian :Tari Sembah
b.Bahasa :Lampung
c.Sistem Pengetahuan :Sekolah & tokoh masyarakat
d.Organisasi Sosial :Tapis berseri
e.Sistem Mata Pencaharian :Perkebunan
f.Sistem Religi :Islam
g.Sistem Peralatan hidup :Kenjar
Kamis, 23 Februari 2012
KELOMPOK 5
1. Salistya Muniroh (09410185)
2. Rohmat Ainun Najib (09410188)
3. Imam Tobroni (09410198)
4. Ta’riful Aziz (09410198)
5. Ahmad Taib (09410200)
6. Eri Alvan A (09410228)
7. Sadam Fajar Shodiq (09410239)
8. Alifah Asih Rohmah (09410240)
9. Zizah Nurhana (09410242)
1. Komparasi Definisi seni budaya islam menurut Quraisy Shihab dan Sayyed Husen Nashr
A. Quraisy Shihab
Ekspresi keindahan dan Kebenaran tidak hanya dipandang melalui perspektif ajaran islam saja. Namun lebih kepada Fitrah yang melekat pada manusia.
Ø Kelebihan
o Definisi yang tawarkan lebih dinamis dan universal
o Mampu mengantarkan manusia menuju pada kebenaran dan keindahan sesuai dengan cetusan fitrah.
o Berlandaskan pada cetusan fitrah manusia.
Ø Kekurangan
o Seni budaya dipandang sebagai sebuah ekspresi yang cenderung hasil dari olah rasa saja.
B. Sayyed Husen Nashr
Ide pemikiran estetik tentang sesuatu objek seni harus sesuai dengan ajaran Islam Khususnya AL-Quran dan Hadits
Ø Kelebihan
o Seni budaya islam merupakan eksplorasi ide pemikiran bukan sekedar ekspresi semata.
o Sumber berdasarkan Al-Quran dan Hadist dan dari sumber itu bisa dikembangkan.
o Objek pandangnya meliputi benda, suasana atau karya yang menimbulkan rasa indah.
Ø Kekurangan
o Konsep yang ditawarkan terlalu spesifik yang merujuk pada Al-Quran dan hadist.
o Seni budaya islam dikatakan “keahlian mengeksplorasikan ide pemikiran” yang mengandung konotasi makna, bahwa bahwa seni budaya islam hanya dapat dimengerti oleh orang tertentu yang mempunyai sebuah keahlian.
2. Masyarakat Kauman
o Kesenian
Memiliki unsur-unsur kesenian dari kraton seperti: macopatan, gamelan, dan sebagainya.
o Religi
Islam (putihan dan abangan atau kejawen)
o Bahasa
Menggunakan bahasa Jawa (kromo inggil dan ngoko) sesuai kepada objek yang diajak berbicara.
o Sistem mata pencaharian
Mayoritas pedagang, karena dekat dengan area wisata
o Sistem pengetahuan
Tergolong masyarakat yang pandai dikarenakan berada di lingkungan kota pelajar.
o Peradaban hidup
Modern dan tradisional
o Organisasi sosial
Erat dengan ormas keagamaan (Muhammadiyah); organisasi kemanusiaan seperti panti asuhan; organisasi pendidikan non-formal seperti TPA
2. Rohmat Ainun Najib (09410188)
3. Imam Tobroni (09410198)
4. Ta’riful Aziz (09410198)
5. Ahmad Taib (09410200)
6. Eri Alvan A (09410228)
7. Sadam Fajar Shodiq (09410239)
8. Alifah Asih Rohmah (09410240)
9. Zizah Nurhana (09410242)
1. Komparasi Definisi seni budaya islam menurut Quraisy Shihab dan Sayyed Husen Nashr
A. Quraisy Shihab
Ekspresi keindahan dan Kebenaran tidak hanya dipandang melalui perspektif ajaran islam saja. Namun lebih kepada Fitrah yang melekat pada manusia.
Ø Kelebihan
o Definisi yang tawarkan lebih dinamis dan universal
o Mampu mengantarkan manusia menuju pada kebenaran dan keindahan sesuai dengan cetusan fitrah.
o Berlandaskan pada cetusan fitrah manusia.
Ø Kekurangan
o Seni budaya dipandang sebagai sebuah ekspresi yang cenderung hasil dari olah rasa saja.
B. Sayyed Husen Nashr
Ide pemikiran estetik tentang sesuatu objek seni harus sesuai dengan ajaran Islam Khususnya AL-Quran dan Hadits
Ø Kelebihan
o Seni budaya islam merupakan eksplorasi ide pemikiran bukan sekedar ekspresi semata.
o Sumber berdasarkan Al-Quran dan Hadist dan dari sumber itu bisa dikembangkan.
o Objek pandangnya meliputi benda, suasana atau karya yang menimbulkan rasa indah.
Ø Kekurangan
o Konsep yang ditawarkan terlalu spesifik yang merujuk pada Al-Quran dan hadist.
o Seni budaya islam dikatakan “keahlian mengeksplorasikan ide pemikiran” yang mengandung konotasi makna, bahwa bahwa seni budaya islam hanya dapat dimengerti oleh orang tertentu yang mempunyai sebuah keahlian.
2. Masyarakat Kauman
o Kesenian
Memiliki unsur-unsur kesenian dari kraton seperti: macopatan, gamelan, dan sebagainya.
o Religi
Islam (putihan dan abangan atau kejawen)
o Bahasa
Menggunakan bahasa Jawa (kromo inggil dan ngoko) sesuai kepada objek yang diajak berbicara.
o Sistem mata pencaharian
Mayoritas pedagang, karena dekat dengan area wisata
o Sistem pengetahuan
Tergolong masyarakat yang pandai dikarenakan berada di lingkungan kota pelajar.
o Peradaban hidup
Modern dan tradisional
o Organisasi sosial
Erat dengan ormas keagamaan (Muhammadiyah); organisasi kemanusiaan seperti panti asuhan; organisasi pendidikan non-formal seperti TPA
Rabu, 22 Februari 2012
KELOMPOK 4
1. Mulatsih (09410169)
2. Ika
Zulaicha (09410171)
3. Yusuf
Anggoro Bhakti (09410172)
4. Nika
Harjanti (09410173)
5. Rahman
Zuhdi (09410174)
6. Anisa
Khabibatus. S (09410178)
7. Difa’ul
Husna (09410182)
8. Novita
Rahmawati (09410183)
1) Perbedaan
definisi seni budaya islam menurut Quraisy Shihab dan Hosein Nasr:
a. Quraisy
shihab menuangkan pendapatnya secara lebih luas dibandingkan dengan Sayyed
Hosein Nasr yang kami nilai lebih eksplisit, hal ini ditekankan pada tidak
disebutkannya oleh Quraisy Shihab tentang dasar-dasar agama dalam pemikirannya
sedangkan Sayyed Hosein Nasr menuangkannya.
b. Menurut
kami, Quraisy Shihab lebih mementingkan kepada wujud dan tidak mengakui ide
sebagai budaya, akan tetapi Sayyed Hosein Nasr sebaliknya.
c. Quraisy
Shihab menganggap semua orang bisa berbudaya, hal ini ditekankan dengan
pendapat beliau tentang “ekspresi tentang keindahan”, sedangkan Sayyed Hosein
Nasr menganggap tidak semua orang bisa berbudaya, hal ini ditekankan pada
pernyataan beliau “keahlian mengekspresikan”.
2) Masyarakat
di kota Magelang, tepatnya di desa Payaman memiliki kebudayaan sebagai berikut:
a. Kesenian
Kesenian “Kubro”,
merupakan kesenian yang biasanya diadakan saat memperingati hari kemerdekaan
dan arak-arakan.
b. Sistem
religi
Mayoritas beragama islam,
namun masih bercampur dengan kebudayaan-kebudayaan jawa misalnya, masyarakat di
desa tersebut masih melaksanakan kenduri, nyadran,dsb.
c. Mata
pencaharian
Petani
d. Sistem
peralatan hidup
Dari segi peralatan
hidup yang digunakan, sudah seperti peralatan hidup pada umumnya.
e. Organisasi
sosial
Banyak organisasi yang
terdapat di masyarakat ini, seperti karang taruna, kelompok tani, dll.
f. Sistem
pengetahuan
Jika yang dimaksud
sistem memperoleh pengetahuan, terdapat dua bagian yaitu formal dan nonformal.
Dari segi formal seperti halnya SD, SMP, SMA, dll. Adapun yang nonformal
didapat dari adat istiadat, norma, moral, dari masyarakat Payaman, misalnya
saat berbicara dengan orang yang lebih tua maka memakai bahasa yang halus.
g. Bahasa
Bahasa yang digunakan di desa ini
adalah bahasa jawa, dengan tingkatan sebagai berikut: ngoko (digunakan dengan
yang lebih muda), krama alus (dengan teman sebaya), krama inggil (dengan orang
yang lebih tua, atasan). Pemahaman tentang aturan tersebut diperoleh dari orang
tua dan lingkungan sekitar.
Selasa, 21 Februari 2012
KELOMPOK 3
1. M. Mizan Habibi
2.Agus Sulistyo Hadi
3.Naili Fauziah Luthfiani
4.Ria Nurhayati
5.Ihda Husna Fajri
6.Arrika Kusuma Ningrum
7.Retno Sulistyaningsih
8.Mu'allim Syukri Khamid
Masyarakat Jember
a. Kesenian
#Jember Fashion Carnaval
#Jaranan
#Reog
b. Mata Pencaharian
#Pertanian
c. Agama / Sistem Religi
#Islam (tradisional; masih banyak yang mengkultuskan Tokoh)
d. Bahasa
#Jawa-Madura (dilegna masih kasar)
e. Sistem Pengetahuan
#Akademis
#Pengetahuan agama klsik (pengajian)
f.Sistem Peralatan Hidup
#Tradisional-Modern (menyesuakan Kebutuhan hidup)
g. Organisasi Sosial
#terkait erat dengan ormas agama (NU, Muhammadiyah)
PENGERTIAN SENI BUDAYA ISLAM
Quraish Shihab:
1. Produk Budayanya sudah ada
2. orientasi menuju pada kebenaran menurut islam tidak hanya berhenti pada nilai estetika
3. bagaimana melihat produk budaya menurut prespektif kajian islam
kelebihannya
a.cakupanya lebih luas
b.tidak hanya berhenti pada nilai estetis tetapi keindhan yang benar menurut islam
Sayyed Hosein Nasr:
1. Produk budaya belum ada
2. harus sesuai dengan Al-Qur'an dan al-Hadis
3. bagimana harus menghasilkan produk budaya sesuai dengan Al-Qur'an dan Al-Hadits
kelebihanya
a.lebih spesifik dalam menghasilkan produk seni dan budaya
b.tidak hanya berhenti pada nilai estetis tetapi keindahan yang benar menurut Al-Qur'an dan Al-Hadits
Senin, 20 Februari 2012
SAP & BAHAN KULIAH
dikarenakan alasan Tekhnis, sehingga SAP dan Bahan Kuliah Pengembangan Budaya Dan Seni Seni Dalam PAI tidak dapat di postingkan,. tetapi para mahasiswa dapat mendownloadnya di link di bawah ini:
1. SAP :
http://www.ziddu.com/download/18652546/SAP_PBS_PAI_2012.rtf.html
atau klik disini
2. bahan kuliah:
a. http://www.ziddu.com/download/18652570/II._DOKTRIN_SENII_DALAM_ISLAM.doc.html
atau klik disini
b.http://www.ziddu.com/download/18652764/6.strategi_bud_Islam_peran_da_i_guru.ppt.html
atau klik disini
c. http://www.ziddu.com/download/18653014/4_hub_ag_seni_budaya.ppt.html
atau klik disini
d.http://www.ziddu.com/download/18653182/5.arti_penting_pengembangan_SBI_dalam_PAI.ppt.html
atau klik disini
e. http://www.ziddu.com/download/18656284/2.KONSEPTEORITISAGAMATENTANG.ppt.html
atau klik disini
f. http://www.ziddu.com/download/18656336/3.konsepnormatifSBI.ppt.html
atau klik disini
1. SAP :
http://www.ziddu.com/download/18652546/SAP_PBS_PAI_2012.rtf.html
atau klik disini
2. bahan kuliah:
a. http://www.ziddu.com/download/18652570/II._DOKTRIN_SENII_DALAM_ISLAM.doc.html
atau klik disini
b.http://www.ziddu.com/download/18652764/6.strategi_bud_Islam_peran_da_i_guru.ppt.html
atau klik disini
c. http://www.ziddu.com/download/18653014/4_hub_ag_seni_budaya.ppt.html
atau klik disini
d.http://www.ziddu.com/download/18653182/5.arti_penting_pengembangan_SBI_dalam_PAI.ppt.html
atau klik disini
e. http://www.ziddu.com/download/18656284/2.KONSEPTEORITISAGAMATENTANG.ppt.html
atau klik disini
f. http://www.ziddu.com/download/18656336/3.konsepnormatifSBI.ppt.html
atau klik disini
SAP
Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga FM-UINSK-BM-08-05/R0
Satuan Acara Perkuliahan
Kode / Nama Mata Kuliah :
PAI-311-2-2/Pengembangan Seni dan Budaya dalam PAI
Revisi ke :
2
Satuan Kredit Semester :
2 SKS
Tgl revisi :
2 Februari 2012
Jml Jam kuliah dalam seminggu : 1 x 100 Menit
Tgl mulai berlaku :
13 Februari 2012
Penyusun :
Nur Saidah, M.Ag.
Jml Jam kegiatan laboraturium : -
Penanggungjawab Keilmuan :
Nur Saidah, M.Ag.
Ranah Integrasi Interkoneksi :
1. Filosofis : Mata Kuliah Pengembangan Seni Budaya
dalam PAI diberikan dalam upaya memberikan wawasan dan menanamkan sikap apresiatif terhadap seni
budaya serta memberikan landasan pokok pengembangan seni budaya dalam proses
pembelajaran PAI. Secara filosofis mata kuliah ini akan
memberi landasan keilmuan tentang
konsep, landasan berfikir, pengembangan
teori dan analisis terhadap perkembangan seni dan budaya.
2. Materi :
Pada level materi akan diungkapkan tentang konteks seni budaya dalam proses
pembelajaran PAI
3.
Metodologi : Pada level metodologi
diupayakan pengaplikasian pengembangan seni budaya dalam proses pembelajaran
PAI
Matakuliah Pendukung Integrasi-Interkoneksi : 1. Islam dan Budaya Lokal
2. Antropologi
Pendidikan Islam
3.
Sosiologi Pendidikan Islam
4.
Ilmu Pendidikan Islam
5.
Materi PAI
6.
Metode dan Strategi Pembelajaran PAI
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan
keilmuan tentang seni budaya, menanamkan sikap apresiatif dan terbuka
terhadap seni budaya serta memberikan
landasan pokok pengembangan seni budaya dalam proses pembelajaran PAI. Materi perkuliahan meliputi Konsep Teoritis dan
Normatif agama tentang budaya dan seni, Hubungan antara agama, budaya dan
seni, Pengembangan Budaya dan Seni dalam PAI, Strategi Budaya Islam:
mempertimbangkan tradisi dan modernisasi, Implementasi Strategi Budaya Islam
dalam PAI, Berbagai macam dan bentuk seni budaya Islam, Cara menumbuhkan
apresiasi siswa dalam proses pembelajaran PAI melalui pengembangan seni
budaya Islam, dan Pendekatan budaya dan seni dalam PAI
|
Standar Kompetensi
Strategi Perkuliahan
|
:
:
|
Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan
langkah-langkah dalam mengapresiasikan/mengaplikasikan pengembangan budaya
dan seni dalam proses pembelajaran PAI.
-
Tatap Muka (active knowledge sharing)
-
Penugasan
|
Rabu, 15 Februari 2012
PEMBUKAAN
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
bagi temen-temen PAI-D Mata Kuliah Pengembangan Seni Dan Budaya dalam PAI dengan Dosen Pengampu Ibu Nur Saidah, S.Ag.,M.Ag.
silahkan di isi blog ini...
adapun yang mau minta alamat E-mail & Paswordnya harap hubungi 089 666 090 307 an Ketua
Wassalamu'alaikum Salam Wr.Wb.
Yogya, Rabu 15 Februari 2012
Hormat Kami
Ketua Kelas
Nb. Kalau Mau Posting Di blog ini Harap Kasih nama, Nim, terus di kasil label dengan nama kalian sendiri dan sms ke ketua.... Tq...
bagi temen-temen PAI-D Mata Kuliah Pengembangan Seni Dan Budaya dalam PAI dengan Dosen Pengampu Ibu Nur Saidah, S.Ag.,M.Ag.
silahkan di isi blog ini...
adapun yang mau minta alamat E-mail & Paswordnya harap hubungi 089 666 090 307 an Ketua
Wassalamu'alaikum Salam Wr.Wb.
Yogya, Rabu 15 Februari 2012
Hormat Kami
Ketua Kelas
Nb. Kalau Mau Posting Di blog ini Harap Kasih nama, Nim, terus di kasil label dengan nama kalian sendiri dan sms ke ketua.... Tq...
Langganan:
Postingan (Atom)