Jumat, 30 Maret 2012

Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia (Strategi Reformasi Pendidikan Nasional)


Difa'ul Husna/ 09410182

RESENSI BUKU


Judul Buku                  : Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia (Strategi Reformasi Pendidikan Nasional)
Penulis                          : Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, M.Sc. Ed.
Penerbit                       : PT. Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit               : 1999
Kota Terbit                  : Bandung
Halaman Buku            : xi + 252 halaman


Dalam karyanya Tilaar menyatakan bahwasanya proses pendidikan dapat dijadikan sebagai pemanusiaan manusia berbudaya Indonesia yang interaktif berkesinambungan, proses pemanusiaan berimplikasi bahwa pendidikan terjadi dalam interaksi antar manusia dalam masyarakat Indonesia yang majemuk. Interaksi terjadi dan berkembang dalam lingkungan alam (ekologis) maupun lingkungan sosial (sosial-politik-ekonomi) yang menghargai nilai-nilai kemanusiaan yang beradab (sebagaimana butir-butir Pancasila sila ke-2). Proses pemanusiaan tersebut merupakan suatu proses interkultural yang meliputi budaya lokal, nasional, dan internasional menuju kepada terciptanya masyarakat madani global yang bertumpu dari masyarakat madani Indonesia yang mempunyai cirinya yang khas yaitu kebudayaan Indonesia
Pendidikan dan kebudayaan mempunyai hubungan erat, memiliki suatu hal yang sama, yaitu nilai-nilai yang terdapat di dalamnya, yang mana keduanyapun dekat dan tidak dapat terpisah dari masyarakat. Tidak ada suatu proses pendidikan tanpa kebudayaan dan tanpa masyarakat, sebaliknya tidak ada suatu kebudayaan dalam pengertian suatu proses tanpa pendidikan. Proses kebudayaan dan pendidikan hanya dapat terjadi di dalam suatu masyarakat tertentu.
Melihat masa lampau, di masa orde baru, pendidikan telah tercabut dari akar budaya yang hidup. Nilai-nilai moral sebagai inti kebudayaan dan pendidikan telah direduksi menjadi indoktrinasi tanpa arti. Oleh karenanya pendidikan nasional di masa reformasi hingga sekarang perlu merumuskan visi pendidikan, yaitu membangun manusia dan masyarakat madani Indonesia yang memiliki identitas berdasarkan budaya Indonesia.
Buku ini memiliki kelebihan yang mana secara gamblang telah memamaparkan akan pentingnya pendidikan dalam memperkuat kebudayaan begitu juga bagaimana pentingnya kebudayaan yang akan membentuk pendidikan yang berkepribadian dalam rangka penciptakan masyarakat madani Indonesia sebagai masyarakat yang paripurna. Akan tetapi buku ini menggunakan gaya bahasa yang tinggi, sulit dipahami sehingga tidak cocok dibaca oleh semua kalangan.


1 komentar:

  1. Siti Mujayanah/ 09410013

    saya rasa resensi ini sangat simpel sekali dan isinya belum mencakup semua inti buku karena dari judulnya saja "Pendidikan, Kebudayaan, Dan Masyarakat Madani Indonesia; Strategi Reformasi Pendidikan Nasional" belum sepenuhnya dibahas. seharusnya dalam resensi ini ada beberapa strategi pembanguna masyarakat madani dan strategi reformasi pendidikan nasional seperti dalam judu buku itu sendiri. sehingga ketika kita membaca resensi itu kita bisa menerapkan strategi tersebut dalam membangun pendidikan dan kebudayaan yang ada di indonesia menjadi lebih baik dan berkembang. tapi saya rasa cukup bagus resensinya.

    BalasHapus