Jumat, 13 April 2012

Kritik Seni Wacana Apresiasi dan Kreasi

OLEH
Nama   : Yusuf Anggoro Bhakti
NIM    : 09410172

IDENTITAS BUKU
Judul Buku                          : Kritik Seni Wacana Apresiasi dan Kreasi
Penulis                                : Dr. Nooryan Bahari, M.Sn.
Penerbit                              : Pustaka Pelajar
Kota Terbit                         : Yogyakarta
Cetakan/Tahun Terbit          : Cet. I/2008
Tebal Buku                         : 198 hlm.

OVERVIEW BUKU PERBAB
1. Pendahuluan
Kritik seni dalam bahasa Indonesia sering juga disebut dengan istilah “ulas seni”,”kupas seni”,”bahas seni” atau “bincang seni”. Hal ini disebabkan istilah kritik bagi setiap orang sering mempunyai konotasi negative yang berarti kecaman, selaan, gugatan, hujatan, dan lain lain. Dalam seni mengkritik berarti mengevaluasi atau meneliti karya seni atau literatur. Tujuan dari kritik seni adalah memahami karya seni, dan ingin menemukan suatu cara guna mengetahui apa yang melatarbelakangi suatu karya seni dihasilkan, serta memahami apa yang ingin disampaikan oleh pembuatnya. Kritik seni juga berfungsi sebagai jembatan antara karya seni dan penikmatnya, supaya orang yang melihat karya seni memperoleh informasi dan pemahaman yang berkaitan dengan mutu suatu karya seni dan menumbuhkan apresiasi serta tanggapan terhadap karya seni.
Penciptaan atau kreasi karya seni dipengaruhi oleh faktor ekstraestetik, yaitu faktor-faktor di luar bentuk fisik karya seni, seperti faktor sosial, budaya, ekonomi, teknologi, religi, dan pendidikan dari seniman dan pemakai seni. Faktor Intraestetik, yaitu faktor yang semata-mata memandang nilai estetik yang terkandung dalam bentuk fisik karya seni (unsur struktur, bentuk, dsb) dengan kriteria yang ditetapkan secara universal oleh para ahli seni.
2. Kebudayaan dan Kesenian
Pengertian kebudayaan sanagt bervarisi, dan setiap batasan arti yang diberikan tergantung pada sudut pandang masing-masing orang berdasarkan pola pemikirannya. Pengertian kebudayaan di sini adalah sebagai keseluruhan pengetahuan, kepercayaan dan nilai yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk sosial. Kebudayaan berisi antara lain penrangkat model pengetahuan atau sistem makna yang terjalin secara menyeluruh dalam simbol-simbol yang ditransmisikan secara historis.
Salah satu kebutuhan manusia yang tergolong dalam kebutuhan integrative adalah menikmati, mengapresiasi, dan mengungkapkan perasaan keindahan. Kebutuhan ini muncul disebabkan adanya sifat dasar manusia yang ingin mengungkapkan jati dirinya sebagai makhluk hidup yang bermoral, berselera, berakal, dan berperasaan. Kesenian merupakan unsur pengikat yang mempersatukan pedoman-pedoman bertindak yang berbeda menjadi suatu desain yang utuh, menyeluruh, dan operasional, serta dapat diterima sebagai sesuatu yang bernilai.
3. Seni Rupa
Secara etimologi, menurut I.G. Bg. Sugriwa, kata seni diduga berasal dari bahasa sansekerta yang artinya kurang lebih sebagai penyembahan, pelayanan, pemberian. Menurut Padmapuspita, pengertian seni berasal dari bahasa Belanda genie, yaitu suatu ketrampilan yang diperoleh dari pengalaman, belajar, atau pengamatan-pengamatan. Seni juga berguna bagi ketrampilan dan imajinasi kreatif terutama dalam proses produksi benda yang indah seperti produk karya seni. Keberadaan seni rupa adalah karena tampilnya unsur-unsur rupa atau unsur-unsur visual yang dapat dilihat secara fisik. Unsur-unsur itu antara lain berupa garis, bidang, bentuk, warna, dsb. Karya seni rupa dapat digolongkan dari berbagai sudut pandang, seperti sudut pandang fungsi atau kegunaanyya, dimensi, medium yang digunakan, gaya penciptaan, dan aspek kesejarahannya. Dari sudut pandang fungsi atau kegunaa, karya seni terbagi dalam beberapa kategori, yaitu seni murni (fine art), seni terapan (applied art), dan kria (craft).
Seni murni adalah seni yang diciptakan khusus untuk mengkomunikasikan nilai estetis dari seni itu sendiri. Sebagai media ekspresi murni, seni murni dapat menumbuhkan rasa senang, haru, dan empati yang ditimbulkan karena adanya keterpaduan dari unsur-unsur bentuk yang menunjang wujud utuh dari karya tersebut, seperti komposisi warna, unsur garis yang digunakan, berbagai bentuk bidang, kemiripan bentuk dengan acuaanya atau justru menghadirkan bentuk baru yang tidak ada acuannya di alam, aspek tematik yang diungkapkan, keunikan, tekstur, dll. Seni terap sering juga disebut desain yang berasal dari bahasa Itali designo yang artinya gambar. Sedangkan seni kria merupakan karya seni rupa Indonesia asli yang mempunyai akar kuat, dan mempunyai ciri khas yang unik dan eksotis.
4. Elementer Kesenirupaan
Dalam kesenirupaan yang diperlukan dalam kritik seni adalah pengetahuan mengenai medium seni dalam pengertian luas meliputi isi dan tema karya seni, dan dalam pengertian terbatas mencakup bahan baku yang digunakan mengungkap isi dengan kelebihan dan kekurangan bahan tersebut dalam pengungkapannya. Latar belakang budaya dan sejarah merupakan modal dasar yang diperlukan dalam kritik seni, karena dalam pertumbuhan seni rupa banyak sekali gejala baru yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari pertumbuhan yang mendahuluinya.Berdasarkan bentuk dan dimensinya, terlihat adanya karya seni yang berdimensi dua dan berdimensi tiga. Pada karya seni dua dimensi yang bersifat datar, ada juga kesan-kesan volume, kedalaman, dan ruang, namun semua itu hanya merupakan tipuan pandang atau bersifat semu saja, karena hasil ilusi perspektif sebuah garis atau bidang, juga pemanfaatan gelap terang dalam warna. Susunan karya seni sebenarnya lebih kompleks dari setiap kesan yang ditangkap dari setiap deskripsi, sebab kesatuan itu buhan hanya ada di antara unsur saja, melainkan juga di antara dua aspek pada setiap unsur dan semua bentuk dan isi. Kesatuan di antara medium, pikiran dan perasaan papun yang menjelma padanya inilah kesatuan pokok dalam segala macam ungkapan. Unsur yang cukup penting adalah garis, warna, tekstur atau barik, ruang dan volume. Selanjutnya, memahami teori simbol (semiotika) yang merupakan salah satu pendekatan dalam memahami unsur seni rupa. Unsur-unsur tersebut bukan merupakan sesuatu yang lepas atau berdiri sendiri, melainkan dari kesatuan yang utuh dalam sebuah karya seni.
5. Corak dan Gaya Seni
Corak dan gaya seni sangat diperlukan dalam kritik seni seperti pengetahuan mengenai aliran-aliran seni dalam pengertian luas yang meliputi kecenderungan-kecenderungan isi dan tema karya seni yang ada di dunia, dalam pengertian terbatas mencakup kecenderungan aliran-aliran seni yang ada di Indonesia. Gaya Barok hadir akibat reformasi agama Katolik di Italia pada awal abad ke-17. Gaya ini menghadirkan kembali fusi baru seni arsitektur, lukisan, dan patung. Semua karya dalam gaya ini disubordinasikan kepada concetto, atau tema yang diperhitungkan dengan cermat untuk membangkitkan tanggapan emosional apresiator yang secara emosi dilibatkan dalam subyek karya seni. Rococo ditandai oleh keringanan, kerapian, rahmat, dan penggunaan sesuatu yang berlebihan dari membengkok, format yang alami dalam barang-barang perhiasan. Dalam naturalisme dilukiskan segala sesuatu sesuai dengan keadaan alam (nature). Berbeda dengan naturalisme, realisme cenderung melukiskan kenyataan pahit dari kehidupan manusia. Romantisme adalah gaya atau aliran seni yang menitikberatkan pada curahan perasaan, reaksi emosional terhadap fenomena alam, dan penolakan terhadap realisme. Sedangkan karya imprssionisme adalah karya seni lukis yang ingin mengungkapkan pesan. Berbeda dengan impressionisme yang menangkap kesan sesaat terhadap subyek karya, seniman ekspresionisme lebih mengutamakan curahan batin sendiri secara bebas. Seni rupa yang kubistis mempunyai wujud yang bersegi-segi dan punya kesan monumental, terutama untuk seni patung. Futurisme (berorientasi ke masa depan), adalah suatu gerakan seni di Italia pada awal abad ke-20, yang cenderung menghubungkan seni dengan kecepatan mesin dan waktu yang memposisikan pengamat di tengah-tengah gambar.
Aliran dadaisme merupakan syarat yang nihilistis dari aliran berikutnya, surealisme. Sifatnya dapat dikatakan anti seni, anti perasaan, dan cenderung merefleksikan kekerasan. Aliran abstrak sangat banyak jenisnya. Mungkin dapat disebut dengan istilah fantasi, imaji kreatif, intuisi, atau istilah lainnya.
6. Apresiasi dan Evaluasi
Istilah apresiasi berasal dari kata Latin appretiatus yang merupakan bentuk Past Participle yang artinya to value at price atau penilaian pada harga. Apresiasi seni merupakan suatu proses sadar yang dilakukan seseorang dalam menghadapi dan memahami karya seni. Mengapresiasi adalah sebuah proses untuk menafsirkan sebuah makna yang terkandung dalam karya seni. Penikmatan merupakan proses dimensi psikologis, sekaligus proses interaksi antara aspek intrinsik seseorang terhadap sebuah karya seni. Tingkat pemahaman seseorang tergantung dari tingkat intelektual dan latar belakang budayanya.
7. Kriteria dan Tipe Kritik
Memahami tentang kriteria dan tipe kritik yang mencakup menegakkan penilaian karena setiap periode kelahiran karya seni mempunyai standar atau kriterianya sendiri-sendiri. Ukuran penilaian karya, pertama-tama pada objek karya itu sendiri. Pada saat kita menghadapi sebuah karya seni yang akan dinilai, usahakan melepas segala ajaran penilaian dan estetika yang pernah kita terima atau pelajari, menyisihkan segala prasangka dan pikiran sebersih mungkin. Kita mencoba menangkap segala informasi yang ada pada karya tersebut sebanyak-banyaknya, hingga sampai pada yang “sebenarnya”. Menemukan ukuran seni pada objeknya terdapat dua kecenderungan. Ada yang menitikberatkan pada faktor wujud (form) sehingga disebut formalisme. Kecenderungan kedua menitikberatkan pada aspek ide dan ekspresi yang disebut ideoplastik. Apresiator yang cenderung menilai karya seni dari segi ekspresi disebut ekspresivisme. Memandang karya seni sebagai alat atau instrumen menganggap karya seni dipandang sebagai alat, dan ukuran seni terletak pada kegunaannya. Perbedaan antara macam-macam kritik terletak pada cara menimbang yang dipakai.

KELEBIHAN & KEKURANGAN BUKU
1. Kelebihan
- Buku ini pembahasannya tersusun secara sistematis sehingga memudahkan kerangka berpikir bagi pembacanya.
- Pembahasan dalam buku ini sangat luas, hampir mencakup semua bahasan dalam sebuah kritik seni.
- Buku ini sangat cocok bagi orang ingin mempelajari tentang kerangka dasar kritik sebuak seni.
2. Kekurangan
- Pembahasan dalam buku ini bisa dikatakan kurang mendalam, karena memang yang dibahas hanya pengertian dasar secara umum.
- Ada beberapa pembahasan yang terkesan pengulangan dari pembahasan sebelumnya.

2 komentar:

  1. Seni merupakan fitrah manusia, sehingga mengapresiasikan seni tidak harus sellu diatur ketika apresiasi seni masih daam koridor syariat yang ada..
    (Retno Sulistiyaningsih/09410165)

    BalasHapus
  2. dalam mengapresiasi suatu seni diperlukan suatu ketrampilan dan kepekaan estetik yang tidak diperoleh secara instan, melainkan dari proses latihan bersungguh-sungguh dan pengalaman.
    Novita rahmawati
    09419183

    BalasHapus